oleh

ABM: Sulbar Secara Keseluruhan Siap Melaksanakan Pemilu

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar (ABM) mengikuti teleconference.

Mediaekspres.com, Dalam rangka pengecekan kesiapan menyambut Pemilu serentak yang akan dilaksanakan 17 April mendatang, Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan RI melakukan teleconference yang diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia, Rabu, 10 April 2019.

Provinsi Sulbar, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Kapolda Sulbar mengikuti teleconference tersebut  di Ruang Oval lantai III Kantor Gubernur Sulbar.

Pada saat teleconference dilakukan, Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar melaporkan, bahwa secara keseluruhan Sulawesi Barat sudah siap melaksanakan Pemilu serentak , dan menyatakan bahwa persiapan sudah mantap.

Disebutkan,   Sulawesi Barat memiliki penduduk sebanyak 1.554.584 jiwa dengan luas wilayah 16.787 km² , terdiri dari enam kabupaten, 69 kecamatan dan 648 desa. Untuk  pemilih, sesuai data KPU Sulbar, jumlah pemilih sebanyak 869.893 jiwa di 3.865 TPS.

“Kami bersama jajaran sudah siap mendukung kelancaran  pemilu serentak di 17 april 2019 mendatang, dan kita berharap semuanya bisa berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” ungkap Ali Baal Masdar.

Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan RI, menyampaikan,  teleconference yang dilakukan untuk melakukan pengecekan terakhir sebelum menghadapi pemilu serentak  pada 17 April mendatang merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Untuk itu, sangat diharapkan bagi semua stakeholder untuk dapat bertanggung jawab penuh dalam menyukseskan Pemilu serentak tersebut.

”Kami mendapat tugas dari pimpinan untuk berkomunikasi kepada teman-teman yang ada di daerah, terutama membahas tentang kesiapan dan persiapan teman-teman diwilayah masing-masing sekaligus sebagai bentuk laporan yang akan disampaikan kepada pimpinan,” sebutnya

Kemudian Kapolda Sulbar, Brigjen Pol. Baharuddin Djaffar melaporkan, segala bentuk keamanan dan berbagai tahapan sudah dilaksanakan sebagaimana mestinya, baik dari segi keamanan TPS, pembagian personil di masing-masing TPS . Begitu juga mengenai kontijensi , Polda Sulbar membangun koordinasi dengan Polda Sulteng dan Polda Sulsel. Koordinasi dengan TNI juga telah dilakukan demi menciptakan keamanan yang maksimal pada kegiatan pemilihan umun serentak mendatang.

Meski demikian, sambungnya,  terdapat sedikit kendala atas jarak tempuh atau jangkau ke TPS setempat yang membutuhkan waktu kurang lebih  16 jam, termasuk pada pendistribusian surat suara yang masih tersisa satu persen.

“Diharapkan perlu melakukan efesiensi  waktu yang lebih cepat demi kelancaran pemilihan agar terhindar dari konflik yang tidak diinginkan. Untuk itu, disarankan KPU Pusat bisa berkoordinasi dengan percetakan terkait, kiranya  bisa segera merampungkan,”” kata Baharuddin Djafar.

Kasrem 142 Tatag, Letkol Arh. Muh. Imran mengemukakan,  TNI di Provinsi Sulbar telah tersebar disetiap titik berdasarkan  permintaan, dimana langkah nyata yang telah dilakukan yaitu TNI menyiapkan satu SST di tiapjajaran Polres yang di Sulbar.

Tidak hanya itu,  pihak TNI telah monitoring di tiap  wilayah yang telah tersebar di jajaran Kodim  di tiap Kabupaten yang ada.

“Kami TNI Sulbar selalu siap membatu Polda dalam menjalankan dan menyukseskan Pilpres di Sulbar,“ sebut Imran.

Sementara Kepala KPU Sulbar, Muh. Rustam menyampaikan, Sulawesi Barat memiliki  3.865 TPS yang sudah sudah siap, disusul KPPS sebanyak 5.755 personil, sedangkan kebutuhan logistik telah mencapai 99 persen dan satu persen masih dalam proses.

“Seluruh kesiapan yang harus diselesaikan KPU Sulbar sudah siap,”ungkapt Rustam.

Ketua Bawaslu Sulbar,  Sulfan Sulo, menyampaikan,  kesiapan pemilu tahun 2019 telah berjalan sebagaimana mestinya, dimana sebanyak  5.397 personil dari Provinsi dan 3.865 pengawas TPS. Selain itu, Bawaslu sudah melakukan pelantikan secara serentak, disusul pelatihan petugas untuk saksi    DPD dan Parpol yang telahrampung sejak 29 April 2019 lalu.

Baca juga, Gubernur Sulbar: ’Lanjutkan Pendidikan Lebih Tinggi, Jangan Berhenti Menuntut Ilmu’

Baca juga, Sekprov Sulbar: Selain Kadis PUPR, Beberapa JPT Akan Menyusul

Kegiatan tersebut dihadiri, Asisten I Gubernur,Muh. Natsir, Kabinda Sulbar, Susetyo Karyadi, unsur forkopimda,Kakanwil Kementerian  Pertahanan Sulbar, Rudiyanto,  Kepala Pos Angkatan Udara Mamuju, Azwarman,  Kepala Lanal Mamuju, Letkol Laut. Siangka. (Advertorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *