oleh

Ada Sekitar 20 Persen Warga Mamuju Yang Terdata ‘Belum Valid’

-Daerah, Mamuju-49 views
Kepala Disdukcapil Kabupaten Mamuju, Agung Pattola.

Mediaekspres.com, Untuk mendapatkan jaminan kepastian hukum selaku warga Negara, maka tentu dibutuhkan tanda pengenal dari pemerintah. Seperti Akta Kelahiran, KTP, KK dan lain-lain.

Namun demikian kesadaran masyarakat tentang pentingnya data kependudukan masih kurang. Itu dibuktikan dengan jumlah penduduk sebanyak 302,155 jiwa di Kabupaten Mamuju, masih ada sekitar 20 persen yang belum terdata secara valid.

“Berdasarkan hasil identifikasi kami, sekitar 80 persen penduduk yang terdata secara real dan ada sekitar 20 persen yang kami anggap datanya belum real. Demikian karena masih ada masyarakat kita yang sudah meninggal, tetapi masih terdaftar di KK,” ungkap Kepala Disdukcapil Kabupaten Mamuju, Agung Pattola saat ditemui diruang kerjanya, Senin (15/4/19).

“Itu salah satu tantangan kami, karena data KK itu tidak bisa dihapus tanpa ada surat keterangan minimal dari desa atau lurah yang menyatakan bahwa si A itu telah meninggal dunia,” tambahnya.

Selain itu menurut Agung Pattola, masih banyak masyarakat yang tidak melaporkan dirinya, ketika pindah keluar daerah dan pendatang yang tinggal menetap di Mamuju.

Oleh karena itu, ia berharap kerjasama pemerintah setempat maupun masyarakat untuk proaktif melakukan pelaporan dan pendataan, sehingga validasi data betul-betul sesuai dan hak pengakuan secara hukum selaku warga juga dapat terjamin.

Baca juga, Jemput Bola Hingga Layanan Hari Libur Dilakukan Disdukcapil Mamuju

Baca juga, Kepala Disdukcapil Mamuju, Tegaskan Tidak Ada Pengarahan Ke Kampanye Akbar Partai Nasdem

“Kita perlu kerjasama, termasuk Pemerintah Desa beserta jajarannya, Lurah, Camat dan paling utama masyarakat harus proaktif juga, sehingga data yang kita miliki betul-betul valid. Sesuai program yang kita luncurkan ‘Gisa’ Gerakan Indonesia Sadar Administari,” pungkasnya. (Ir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *