oleh

Mata Uang Kuno Dari Kalumpang

-Budaya, Mamuju-148 views
Alat Tukar Dari Batu. (foto: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mamuju)

Mediaekspres.com, Alat pembayaran kuno yang terbuat dari batu tersebut, di temukan di salah satu daerah tertua di Indonesia. Tepatnya di daerah pegunungan Sulawesi Barat, Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju.

Benda yang terbuat dari batu itu, salah satu alat pembayaran yang disepakati para nenek moyang orang Kalumpang untuk mendapatkan barang yang diinginkan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun mediaekspres.com Dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mamuju, alat pembayaran kuno yang terbuat dari batu tersebut, memiliki lebar 162,85 mm, berat 15,22 mm,  23,78gram, dan tebal 138,30. Pemilik bernama R. Ely Sipayo, beralamat di Jalan Poros Kalumpang, Dusun Bunene, Desa Kalumpang.

Sebelumnya, pada zaman dulu—sebelum mata uang tercipta—jual beli dilakukan dengan system barter atau tukar menukar antar barang yang digunakan nenek moyang untuk mendapatkan suatu barang yang diniginkan. Namun, seiring berjalannya waktu, barter dianggap tidak evisien karena untuk mendapatkan barang yang diinginkan, harus membawa barang untuk ditukar dengan barang yang diinginkan. Maka disepakatilah alat pembayaran berupa koin yang terbuat dari batu, emas perak dan lain-lain sebagai alat pembayaran yang sah, karena mudah dibawa, ringan dan memiliki nilai tukar hingga sering perkembagan zaman. Saat ini alat pembayaran itu, disebut mata uang Rupiah (Rp) di Indonesia. (Iksan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *