oleh

Pengawas TPS Bisa Menjaga Hak Pilih Masyarakat

Divisi SDM dan Organisi Bawaslu Sulbar, Usman Sanjaya  (Kanan).

Mediaekspres.com, Tahapan rekrutmen Pengawas TPS Pemilu 17 April 2019 yang dilaksanakan Bawaslu Provinsi Sulawesi Barat sudah selesai. Demikian disampaikan Divisi SDM dan Organisi Bawaslu Sulbar, Usman Sanjaya di salah satu warkop yang ada di Mamuju, Jumat (12/4/19).

Disampaikan, tahapan sosialisasi dimulai pada akhir Januari 2019. Kemudian dilanjutkan pemberkasan pertama pada tanggal 4-10 Februari dan proses Bimbingan Teknis (Bintek) serta pelantikan selesai pada tanggal 25 Maret 2019.

“Perlu kami sampaikan, sesuai undang-undang nomor 7 tahun 2017. Pengawas TPS kami bekerja 23 (hari sebelum hari pemungutan suara dan berhenti paling lambat 7 (tujuh) hari setelah hari pemungutan suara,” jelasnya.

Berkaitan Pengawas TPS, Usman Sanjaya berharap bisa menjaga hak pilih masyarakat dan paling utama bisa mengembang amanah undang-undang Nomor 7 tahun 2017.

“Tentunya, Pengawas TPS sebagai perpanjangan tangan lembaga kami, bisa membawa nama baik Bawaslu se-Indonesia, khususnya Bawaslu Sulawesi Barat,” harapnya.

Kemudian itu, Pengawas TPS diharapkan dapat berinteraksi dan beraktualisasi dengan Pemerintah setempat sesuai dengan tugasnya. Terutama dapat bersinergi dengan Pengawas Kecamatan, Kelurahan, dan Desa.

“Khussusnya dengan petugas KPU dan KPPS harus saling mengenal supaya dalam menjalankan regulasi dapat saling memahami serta mengingatka,” tambahnya.

Baca juga, Jumlah Surat Suara Rusak di Sulbar Sebanyak 2,867 Lembar

Baca juga, Kasat Intelkam Polres Mamuju, Ungkap Kelompok Yang Ingin Mehangcurkan Negara

Tercatat jumlah jumlah Pengawas TPS setiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Barat sebanyak 3.865 orang. Dimana jumlah Pengawas TPS di Kabupaten Mamasa  sebanyak 586, Kabupaten Polewali Mandar 1229, Kabupaten Majene, 547, Kabupaten Mamuju 757, Kabupaten Mamuju Tengah 350 dan Kabupaten Pasangkayu 396. (Ir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *