oleh

Pertumbuhan Ekonomi Sulbar Berada Dibawah Papua Barat

-Mamuju-79 views
Foto Grafik Perbandingan Pertumbuhan Ekonomi Provinsi di Kawasan Sulampua Tahun 2018.

Mamuju – Mediaekspres.com – Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berada pada urutan ke-delapan di bawah Papua Barat. Demikian pertumbuhan ekonomi Sulbar berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2018 menurut lapangan usaha.

Pada skala regional di kawasan Sulawesi Maluku Papua, pertumbuhan ekonomi tertinggi pada tahun 2018 terjadi di Maluku Utara sebesar 7,92 persen. Adapun Sulawesi Barat menempati posisi terendah ke-tiga di Sulampua dengan capaian 6,23 persen setelah Sulawesi Utara. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Win Rizal saat Pres Rilis di kantornya, Rabu (06/02/19).

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Lapangan Usaha Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah dan Daur Ulang  sebesar  8,81 persen.

“Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah sebesar 11,14 persen,” terang Win Rizal.

Baca juga, Hanya Mamuju Terjadi Deflasi, Dari 11 Kota di Sulawesi

Kemudian jika dilihat dari Pertumbuhan Ekonomi Sulbar triwulan IV-2018, dibandingkan triwulan IV-2017 (y on y) tumbuh sebesar 5,32 persen.

Adapun komponen penyumbang tertinggi dari sisi produksi terjadi pada Lapangan Usaha Administrasi Pemerintah, Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib sebesar 10,65 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi adalah Komponen Ekspor sebesar 21,38 persen.

Sementara jika dibandingkan triwulan IV-2018 dengan triwulan sebelumnya (q to q) tumbuh sebesar 2,88 persen.

“Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha konstruksi sebesar 12,91 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen ekspor sebesar 12,32 persen,” pungkas Win Rizal. (Ir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *