oleh

Bunga Bangkai Hebohkan Warga di Mamuju

Jenis bunga yang tumbuh di pekarangan rumah Jefri Elazar Buttutasik.

Mamuju, Mediaekspres.com – Pertama kalinya bunga bangkai tumbuh di pekarangan warga di Kabupaten Mamuju. Tepatnya jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Karema, depan Sekolah SMAN 2 Mamuju.

Bunga yang baunya sangat menyengat itu tiba-tiba membuat warga heboh dan berdatangan untuk menyaksikan langsung penampakan yang dianggap langka itu. Bahkan warga yang datang berkunjung menjadikan momen langka tersebut sebagai kenangan melalui kamera handphone cerdas mereka.

Menurut pemilik rumah, Jefri Elazar Buttutasik yang juga salah satu Staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Barat. Bunga tersebut sudah dilihat sekitar Satu Minggu dan baru diketahui bunga bangkai sejak sore tadi, Kamis (31/10/19) melalui baunya yang seperti bangkai.

Sebelumnya, Jefri juga mengira bau bangkai yang di ciumnya bersumber dari hewan atau binatang mati. Namun setelah dicari, ternyata bau tersebut bersumber dari bunga yang tumbuh di pekarangan rumahnya.

Dilangsir dari Wikipedia, Bunga Bangkai atau Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit. Ia ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh seorang pemandu dari Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold tahun 1818, dan dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu.

Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang dapat dilihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Pada beberapa spesies, seperti Rafflesia arnoldii, diameter bunganya mungkin lebih dari 100 cm, dan beratnya hingga 10 kg. Bahkan spesies terkecil, Rafflesia manillana, bunganya berdiameter 20 cm. Bunganya tampak dan berbau seperti daging yang membusuk, karena itulah ia disebut “bunga bangkai” atau “bunga daging”. Bau bunganya yang tidak enak menarik serangga seperti lalat dan kumbang kotoran, yang membawa serbuk sari dari bunga jantan ke bunga betina. Sedikit yang diketahui mengenai penyebaran bijinya. Namun, tupai dan mamalia hutan lainnya ternyata memakan buahnya dan menyebarkan biji-bijinya. Rafflesia adalah bunga resmi negara Indonesia, begitu pula provinsi Surat ThaniThailand. (Ir)

Video: Viral! Muncul Bunga Bangkai Gemparkan Warga Mamuju

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *