oleh

Gubernur Sulbar: ‘Kamu Enak Saja Begini-Begini. Kita Setengah Mati Cari Uang’

-Daerah, Mamuju, Sosial-2.929 views
Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar saat menemui massa aksi.

Mediaekspres.com, Akhirnya setelah menunggu di depan Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Mahasiswa Sulawesi Barat di temui oleh Gubernur Sulawesi Barat (sulbar), Ali Baal Masdar (ABM), Rabu (10/4/19).

Menanggapi tuntutan massa aksi, Ali Baal Masdar mengatakan, untuk pembangunan jalan di Kecamatan Ulumanda sudah pernah dianggarkan sebanyak 9 Milyar, namun karena ada masalah sehingga terhenti. Kemudian untuk mengupayakan pembangunan tetap berlanjut pihaknya berusaha melakukan konsultasi kepemerintah pusat.

“Mau di apa lagi, begini ya. kemarin di anggarkan 9 Milyar. Karena ada permasalahan, waktunya sudah habis. Kita berusaha maksimal ke Jakarta mengurus, akhirnya disana kasih lampu hijau. Berjalan tapi, sudah memang batas maksimalnya sudah tidak bisa lagi, karena habis anggarannya,” jelas Ali Baal kepada massa aksi.

Ditambahkan, dari penggunaan anggaran sebelumnya masih ada tersisa sebanyak 4 Milyar dan itu dianggarkan pada perubahan. Kemudian ditambahkan lagi di anggaran pokok sebanyak 9 Milyar sehingga terhitung 13,5 Milyar secara keseluruhan.

“Masih ada sisa 4 Milyar, itu dianggarkan nanti pada tahun perubahan tetapi di anggaran pokok ini dianggarkan lagi 9 Milyar. Jadi 9 Milyar ditambah 4 Milyar berapa itu?. 13 setengah, itu nanti yang dikerjakan di Ulumanda,” tambahnya.

Dengan total anggaran tersebut, Ali Baal Masdar (ABM) ingin mengetahui keinginan masyarakat terkait penggunaan alokasi anggaran. Apakah pembangunan yang sedang berjalan dilanjutkan atau dimulai dari bawah.

“Itu yang saya mau. Yang pernah adek-adek, teman-temanmu datang ke Rujag. Sekarang kamu berfikir, mana kau suka, saya kerja dari bawah keatas atau dari atas dilanjutkan keatas,” terang ABM kepada perwakilan massa aksi.

Menanggapi pernyataan Gubernur Sulbar, Ahyar yang mewakili massa aksi, mengingatkan perkataan ABM waktu berkunjung ke Majene, sesuai yang dikutip dari Radar Sulbar.

Disampaikan, jalan Ulumanda disuntik anggaran 9,5 Milyar untuk pembangunan jalan rabat beton sepanjang 2,3 km pada tahun 2018 dan di alokasikan dari anggaran APBD Sulbar. Kemudian untuk 2019 kembali akan dianggarkan sepanjang 8 km dengan estimasi anggaran 30 Milyar hingga 40 Milyar.

“Ini yang kami perjelas pak. Karena ini janji kita,” ungkap Ahyar kepada ABM.

Akan tetapi ABM membantah pernyataan tersebut.

“Kapan saya bilang begitu, salah itu. Tidak begitu, saya tidak pernah bilang begitu. Saya hanya bilang, kita mau maksimalkan sepanjang masa jabatan saya, supaya bagaimana jalan Ulumanda tuntas keatas. Saya tidak pernah mengatakan anggarannya sekian,” tegas ABM.

Sementara Koordinator Wilayah Aliansi Pemuda Mahasiswa Sulawesi Barat, Rijal memberikan pertimbangan, seharusnya jalan yang panjangnya 50 km lebih di Kecamatan Ulumanda seharusnya dimulai dari awal, bukan dialokasikan untuk anggaran rehabilitasi jalan.

“Karena dana yang kayak dicubit-cubit masuk sangat tidak efisien, karena jalan Ulumanda itu harus betul-betul dimulai dari awal, bukan proses rehabitasi. Karena jalan disana sangat tidak layak untuk dilewati,” terangnya, saat berdialog dengan ABM.

Menannggapi itu, ABM akan melihat dan meninjau terlebih dahulu dan kemudian akan diperbaiki kedepan.

“Nanti saya lihatlah, ditinjau dulu. Nanti kita perbaiki kedepan. Apakah kita maksimalkan dana. Jika dana Dak banyak masuk, ya kita maksimalkan kesana,” ungkapnya.

Setelah itu, massa aksi yang diwakili Rijal, meminta ada kesepakatan dari pihak Pemerintah Sulawesi Barat.

“Agar masyarakat yang kemudian kami dampingi ada rasa legah,” minta Rijal kepada ABM.

Namun permintaan tersebut ditanggapi oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar, bahwa yang namanya kesepakatan di pemerintahan antara pihaknya dan massa aksi itu tidak ada.

“Yang ada kesusaian anggaran mengerjakan jalan untuk masyarakat. Tidak ada begitu kesepakatan mahasiswa. Tidak ada begitu salahko semua”.

“Kalao memang tidak ada begitu, mau apa, mau apa?. Kamu enak saja begini-begini. Kita setengah mati cari uang,” tutup ABM dengan memotong perkataan Ahyar terkait penggunaan anggaran 9 Milyar di Kecamatan Ulumanda.

Baca juga, Pemprov Sulbar Di Demo Ratusan Massa Aksi

Baca juga, Sekprov Sulbar: Selain Kadis PUPR, Beberapa JPT Akan Menyusul

Daketahui, setelah massa aksi melakukan unjuk rasa dikantor gubernur Sulawesi Barat. Kemudian melanjutkan aksi ke DPRD Sulbar. (Ir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *