oleh

Hanya 7 Persen Sekolah Terakreditasi, BAN Sulbar Minta Sekolah/Madrasah Diperhatikan

-Daerah, Mamuju, Pendidikan-124 views
Ketua BAN Sulbar, H. Amran, HB (Tengah), Anggota BAN Pusat, Muhammad Sayuti, Ph.D. (Kanan).

Mamuju, Mediaekspres.com- Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), H. Amran, HB menilai pemerintah tidak memperhatikan dengan baik pendidikan yang ada di Sulawesi Barat. Pasalnya, dari 555 sekolah yang ada di Sulawesi Barat hanya tujuh persen atau 38 sekolah/madrasah yang mendapat akreditasi A dari BAN.

Menurut Amran, jika dibandingkan dengan sekolah atau madrasah yang ada di provinsi lain maka Sulbar sangat tertinggal.

“Rata-rata provinsi yang ada di Indonesia sudah mencapai 70 persen akreditasi A. Sementara kita hanya tujuh persen yang terakreditasi A,” ungkapnya saat menggelar konferensi pers di salah satu hotel yang ada di Mamuju, Rabu malam (28/8/19).

Lebih lanjut Amran menyampaikan, sekolah atau madrasah yang mendapat akreditasai B mulai SD, Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP, MTS, SMA, MA dan SMK sebanyak 295 sekolah. Sementara yang terakreditasi C sebanyak 199 sekolah, dan yang tidak terakreditasi sebanyak 43 sekolah.

Selain itu ada 25 sekolah yang sudah divisitasi ditinjau kembali karena dianggap mencurigakan, diantaranya 19 SD, 1 MI, 1 SMP, 1 MTS, 2 SMA, dan 1 SMK.

“Oleh karena itu kami berharap kepada pemerintah untuk segera memperhatikan sekolah/madrasah di Sulbar, karena kasihan siswa yang bersekolah di tempat yang tidak terakreditasi, nantinya tidak akan diterima di perguruan tinggi yang terakreditasi,” harap Amran.

Adapun beberapa poin rekomendasi BAN Provinsi Sulawesi Barat kepada pemerintah daerah untuk segera memperbaiki sekolah-sekolah berikut karena dianggap tidak layak:

1.SMA PGRI Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, untuk di merger ke sekolah terdekat, karena sudah tidak layak untuk dijalankan.

2.SD Negeri 12 Buttu Dewata, Kabupaten Mamasa, agar dilakukan perbaikan

3.SD Negeri 016 Salubua Kabupaten Mamasa, agar dilakukan perbaikan.

4.SD Negeri 015. Tellobaru, Kabupaten Mamasa, agar dilakukan perbaikan.

5. SD INP. Salu – salu, Kabupaten Mamuju, agar dilakukan perbaikan.

6. SDN. Kecil Dato, Kabupaten Mamuju, agar dilakukan perbaikan.

7.SD Negeri Pantaraan, Kabupaten Mamuju, untuk dilakukan perbaikan.

8. MA Darul Barakah, Kabupaten Mamuju, untuk dilakukan pembinaan. (Ir)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *