oleh

Kawal Penggunaan Dana Desa, Lamdes Akan Buka Pusat Pengaduan Masyarakat

-Polewali Mandar-163 views
Foto Suardi. 

Polewali – Mediaekspres.com – Ketua Lembaga Advokasi Masyarakat Desa (LAMDES) Suardi menegaskan, bahwa kedepan pihaknya akan fokus melakukan inovasi program dan edukasi penggunaan dana desa.

Menurut Suardi, langkah tersebut dilakukan karena didasari atas kekhawatiran terhadap beberapa kejadian di Tahun 2018, sehingga dianggap perlu bagi Lamdes untuk menjadi mitra bagi para perangkat desa, agar bisa lebih fokus dalam menjalankan semua programnya khususnya seluruh kepala Desa yang telah terpilih dalam Pilkades serentak beberapa waktu lalu.

“Adapun nama Program yang akan kami launching nanti adalah “KADES” (Kawal Dana Desa), seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa program ini merupakan program yang terfokus pada edukasi, dan pendampingan bagi seluruh perangkat desa,” ucap Suardi, via Whatsaap, Senin 31/12/18.

Selain itu ia juga menambahkan, kasus di tahun 2018 perihal dana desa diharapkan dapat menjadi pembelajaran, dan ia juga mengharapkan  keberadaan Lamdes kedepannyas bersama seluruh pengurus, bisa  menjadi corong aspirasi seluruh masyarakat desa, khususnya menyangkut tentang program-program yang akan dilaksanakan oleh seluruh Kepala Desa di Kabupaten Polewali Mandar.

“Adapun rencana Launching program ini akan kami singkronkan dengan Pemdes kabupaten, agar bisa menjadi mitra dalam pengawasan Penggunaan dana desa, selain itu kami juga akan membuka pusat pengaduan masyarakat, untuk mempermudah masyarakat dalam memberikan pelaporan jika seandainya kedepan ada masalah ditingkat desa, dan akan kami bantu dalam penyelesaian masalahnya, kami juga lagi menghimpun beberapa lowyer di Sulbar yang akan menjadi penguat ketika dalam perjalanan program ini kami menemukan masalah,”ungkapnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa pihaknya juga akan berusaha menguatkan Program tersebut bersama dengan Kementrian Desa dan Polda Provinsi Sulawesi Barat selaku penegak hukum yang akan menjadi mitra Lamdes secara langsung dalam perjalanan programnya itu.

“Doakan kami semoga semua program ini bisa berjalan lancar, dan semua masyarakat juga bisa benar-benar merasakan manfaat dari anggaran dana desa di Tahun 2019 mendatang,”tutupnya. (Masdar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *