oleh

Kembangkan Komoditi, Distanak Siap Bantu Petani

-Ekonomi, Majene, Pangan-139 views

Majene-Mediaekspres.com-Saat ini masyarakat Majene sudah dapat memproduksi hasil pertanian bawang merah, setelah perkembangan komoditi ini begitu pesat. Pemerintah pun menargetkan kedepannya, agar masyarakat lebih kreatif mengelola hasil pertanian lainnya, yang dapat di produksi untuk menunjang kesejahteraanya.

Olehnya itu, Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Majene, meminta masyarakat untuk memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini tertidur, dengan memanfaatkan kelebihan teknolgi yang bisa digunakan untuk mengelola lahan pertanian.

“Pihak pemerintah dalam hal ini dinas pertanian dan peternakan (distanak) akan menfasilitasi dan membantu masyarakat yang betul-betul ingin bertani dengan serius, akan tetapi ada syarat-syarat yang harus dilalui untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut dan itu harus berupa kelompok yang mempunyai administrasi yang lengkap dan pengurus kelompoknya juga benar-benar ada. Pemerintah tidak akan serta merta membantu masyarakat jika kelompoknya tidak memiliki legalitas administrasi yang lengkap karena sekarang ini, ada perna kami temukan di lapangan kelompok tani pengurusnya hanya ketua dan sekretaris, itu kami tidak bantu karena tidak memenuhi syarat akan tetapi pihak pemerintah akan selalu melakukan pembinaan,”ujar Sekretaris Distanak Majene, Burhan Usman.

Baca Juga : Komoditi Bawang Merah di Majene Meningkat

Ia menambahkan, masyarakat yang akan dibantu pemerintah, diharapkan betul-betul siap dan memiliki kelompok yang kepengurusannya lengkap, dan memiliki legalitas dari pemerintah. Pihak pemerintah kata dia, akan melakukan peninjauan pembinaan lebih awal sebelum menurunkan bantuan tersebut kepada kelompok tani.

“karena jangan sampai bantuan yang akan diturunkan tidak sampai pada sasarannya. Pihak kami selaku pemerintah juga sangat berharap agar kelompok tani di majene betul-betul berjalan karena mereka semua adalah mitra. Pertanian dan perkebunan di kabupaten majene akan selalu kita tingkatkan kemudian kita akan melakukan penataan sebaik-baiknya dalam rangka mewujudkan visi misi bupati yang tertuang di dalam slogan MP3,”tutup Burhan.(Suharno/Uc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *