by

Layanan Internet Masuk Desa, Penunjang Program Marasa

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistif Provinsi Sulawesi Barat, Safaruddin Sanusi.

Mamuju, Mediaekspres.com – Sesuai SK Gubernur tahun 2019 ada sebanyak 70 desa yang dimasukkan dalam program MARASA dan tahun 2020 sebanyak 190 desa.

Sementara Layanan Internet Masuk Desa yang terealisasi di tahun 2019 sebanyak 32 desa. Kemudian di tahun 2020 kembali ditarget 20 desa sesuai kemanpuan anggaran.

Kepala Dinas Kominfo, Persandian dan Statistif Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Safaruddin mengatakan, desa yang diprioritaskan untuk program Layanan Internet Masuk Desa mengacu pada program MARASA sesuai SK Gubernur. Kemudian secara teknis dari beberapa desa yang masuk dalam program MARASA terlebih dahulu disurvey untuk ditentukan pemasangan yang lebih dulu.

Lebih lanjut dijelaskan, Layanan Iternet Masuk Desa merupakan program penunjang desa MARASA yang memang secara teknis membutuhkan proses dan waktu yang lama untuk menjangkau secara keseluruhan desa.

“Walaupun ada anggaran, tidak mungkin bisa serentak karena memang memerlukan waktu untuk memasang bahan dan peralatan,” kata Safaruddin saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (05/02/20).

Waskito Shandy.

Sementara Wakil Koordinator TIM Sekretariat Bersama program MARASA, Waskito Shandy menjelaskan,  Layanan Internet Masuk Desa merupakan indicator dari Program MARASA dan dikerjasamakan dengan ICON+ yang merupakan salah satu anak perusahaan PT PLN (Persero).

Baca juga, Internet Masuk Desa, Warga Bonehau-Kalumpang Kecewa

Kemudian menurut Shandy saat ditemui dikantornya di BPMPD Sulbar. Program Layanan Internet Masuk Desa diharapkan dapat mengentaskan Kemiskinan, Pendidikan dan Kesehatan. Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 42 tahun 2018 tentang program MARASA (Mandiri, Cerdas dan Sehat).

“Tekanan dari kami kepada desa untuk memperioritaskan Layanan Internet Desa karena bagaimanapun program MARASA masuk dalam batang tubuh APBDes,” terang Shandy (Wan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *