by

Panwas Kec. Banggae Talk Show, ASN Puskesmas Banggae I “Kami Siap Netral”

Majene, Mediaekspres.com – Panwas Kecamatan Banggae menggelar Talk Show di Puskesmas Banggae I mengenai Netralitas ASN dan No Money Politik.

Kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi Panwas Kecamatan Banggae menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak pada tanggal 23 September 2020 mendatang dan kegiatan ini dilanjutkan dengan deklarasi Siap Netral ASN Puskesmas Banggae I.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Kepala Puskesmas Banggae I dr. Suriijanti Jaddu dan seluruh jajaran staf, Komisioner Panwas Kec. Banggae Sirajuddin (Ketua Panwascam Banggae), Abdal (Koordiv HPP) dan Sirajuddin (Koordiv PHL) juga selaku panelis dalam acara tersebut.

dr. Suriijanti Jaddu selaku kepala Puskesmas Banggae menyampaikan agar seluruh ASN yang di bawah naungan Puskesmas Banggae I bersikap netral dalam Pilkada nanti, serta bijak dalam menggunakan media sosial dan berharap kepada panwascam untuk terus menjalin komunikasi terkait perkembangan informasi mengenai aturan tentang ASN.

“Jadi saya sampaikan agar seluruh ASN yang di bawah naungan Puskesmas Banggae I agar bersikap netral pada Pilkada nanti, dan juga saya sampaikan agar bijak dalam menggunakan media sosial,” ujar dr. Suriijanti Jaddu.

Kami berharap kepada panwascam untuk terus menjalin komunikasi terkait perkembangan dan informasi mengenai aturan tentang ASN, lanjutnya.

Ditempat yang sama, Sirajuddin ketua Panwas Kecamatan Banggae juga menjalaskan bahwa ASN wajib menghindari konflik kepentingan pribadi ataupun golongan yang mengarah pada keberpihakan kepada salah satu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang dapat mengindikasikan ketidak netralan apalagi terlibat dalam politik praktis karena menurutnya ketidak netralan ASN akan berimbas pada proses pelayanan publik dan akan membuat ASN terkotak-kotak, yang berujung pada hilangnya profesionalitas ANS.

Abdal selaku (Koordiv. HPP Panwas Kec. Banggae) juga menambahkan ASN diharapkan tetap berpegang teguh terhadap undang-undang No.5 tahun 2014 tentang Aparatur sivil negara, yang mana pada pasal 2 undang-undang tersebut disebutkan bahwa slah satu asas yang harus dipengang teguh oleh para aparatur sivil negra adalah asas Netralitas.

Selain soal netralitas ASN, yang perlu diperhatikan juga adalah Money Politik, karena apabila dalam salah satu calon hanya dikarenakan kepentingan sesaat maka yakinlah hasil dari pesta demokrasi akan berdampak buruk pada kehidupan masyarakat serta menghidupkan potensi terjadi korupsi, ucapnya.

Hal yang sama juga dibahasakan oleh Sirajuddin (Koordiv PHL Panwas Kec. Banggae) agar ASN berhati-hati menggapi Status di medsos, karena status yang berbauh kampanye kemudian diposting, Like, coment, dan Share oleh ASN itu merupakan sebuah pelanggaran.

“ASN tidak boleh secara aktif atau nyata memfasilitasi maupun mengikui kegiatan politik, kerja-kerja politik, dan tidak ikut berkampanye, akan tetapi tetap bisa memilih di bilik suara. Dan Kami berharap kepada ASN yang di Puskesmas Banggae I agar kita tidak ketemu di meja klarifikasi maupun dimeja hijau,” kata Sirajuddin.

Reporter: Jumain

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *