by

Pemuda NU ini, Apresiasi Buku Karya Munawir Arifin

Polman, Mediaekspres.com – Buku yang berjudul “Ikhtiar Politik dan Kebangsaan Kita” karya Munawir Arifin diapresiasi para pemuda Nahdlatul Ulama (NU) di Provinsi Sulawesi Barat.

Salah satunya, pemuda asal Tinambung Polewali Mandar, Suryananda namanya. Ia mengapresiasi buku yang berjudul “Ikhtiar Politik dan Kebangsaan Kita” dikarenakan memiliki sudut pandang yang berbeda mengenai politik.

Ia menjelaskan, dengan terbitnya buku tersebut, para generasi muda termasuk NU mampu memahami tentang politik yang diperankan, tidak hanya pada ranah politik praktis atau politik kekuasaan, tetapi politik kebangsaan, politik kerakyatan dan etika berpoiltik.

“Kalau saya menyebutnya siyasah ‘aliyah samiyah. Politik kebangsaan kita harus istiqomah dan proaktif mempertahankan NKRI sebagai wujud final negara bagi bangsa Indonesia, sehingga politik kerakyatan antara lain bermakna bahwa kita harus aktif memberikan penyadaran tentang hak-hak dan kewajiban rakyat, melindungi dan membela mereka dari perlakuan sewenang-wenang dari pihak manapun,” ujar Suryananda yang juga selaku ketua PW Pagar Nusa Sulbar ini, kepada Mediaekapres.com, Polewali Mandar,  Rabu (05/02/20)

Lanjut Surya sapaan akrabnya menjelaskan, etika berpolitik harus selalu ditanamkan kepada kader dan masyarakat, agar berlangsung kehidupan politik yang santun dan bermoral yang tidak menghalalkan segala cara. Hal ini terkait nilai-nilai luhur yang harus ditegakkan dalam praktik politik dan kenegaraan.

“Kader NU senantiasa membangun ukhuwah, sebab tidak bisa dipungkiri, warna dan pilihan politik secara individu tidak selalu sama,” ujarnya.

Sementara itu, penulis buku “Ikhtiar Politik dan Kebangsaan Kita” Munawir Arifin mengatakan, buku yang ia tulis itu, lahir dari pergolakan pemikiran selama ia aktif sebagai mahasiswa di intra kampus Unasman, maupun ekstra kampus di PMII secara khusus, Termasuk juga ketika melanjutkan studi di Universitas Indonesia. Pengalaman-pengalaman dan pergolakan pemikiran yang lahir dari aktivisme itulah membuat Munawir Arifin termotivasi menulis dan dapat menjadi pengalaman bersama bagi para generasi muda kedepannya.

“Apalagi di era saat ini mengharuskan kita agar banyak berkontribusi terhadap perbaikan daerah kita secara khusus, juga bangsa secara umum. Maka dari itu, karya tulisan sederhana melalui buku yang hadir ini, semoga dapat memberi kontribusi dan manfaat bagi kita semua. Khususnya dalam membangun dialektika dan wacana terkait politik, islam dan kebangsaan kita,” jelas Munawir Arifin saat di konfirmasi.

Buku yang ia tulis itu, cetakan pertama dan sifatnya terbatas hanya diperuntuhkan untuk kepentingan kampus dan akademik. Namun Munawir berharap, buku tersebut nantinya dapat dicetak lagi dan diperbanyak.

“Semua itu, akan di diskusikan lebih lanjut kepada penerbit, apakah buku tersebut akan dikomersialisasikan,” ujarnya.

Buku Karya pertma Munawir Arifin ini, dalam waktu dekat juga, ia akan melakukan diskusi, bedah buku. (San/Wan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *