by

Tanggapan KNPI Terhadap Kinerja KPU Mamuju

Foto: (Kiri) Komisioner KPU Mamuju berpose bersama saat usai kegiatan, lonching tahapan Pilkada Mamuju. (Kanan: Sekretaris KNPI Kab. Mamuju, Ali Akbar Ahmad)

Mamuju-Mediaekspres.com- Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mamuju gencar melaksanakan program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2020 sesuai amanat peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019.

KPU Mamuju telah usai melaksanakan tes tertulis penyelenggara adhoc calon Pantia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pilkada Mamuju 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 2 Februari 2020.

Sebanyak 204 peserta yang mendaftar namun yang ikut tes 199 dari 11 kecamatan di Kabupaten Mamuju. Pada tes tertulis tersebut, terlihat pelibatan aparat kepolisian dan bawaslu kabupaten Mamuju, menjaga keamanan lembar soal jawaban, dan kerahasiaan pada pilkada serentak 2020.

“Kita Apresiasi kinerja KPU yang melibatkan Kepolisian dan bawaslu pada tes tertulis PPK. Ini merupakan kinerja yang baik, KPU Kabupaten Mamuju demi menjaga integritas, kerahasiaan serta keamanan tes calon penyelenggara Pilkada 2020 nantinya,” kata Sekretaris KNPI Mamuju, Ali Akbar Ahmad, di Mamuju, Senin, (03/02/20)

Lanjut, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Kalukku ini, menyarankan Kepada KPU Kabupaten Mamuju, bahwa adhoc PPK nantinya dapat memenuhi kriteria persyaratan penilaian sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU dan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik.

“Mereka yang lolos itu, tidak cukup hanya memiliki pengalaman kepemiluan dan memahami peraturan perundang- undangan terkait Pilkada, yang paling penting yang harus dimiliki oleh calon PPK adalah integritas dan independensi dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara,” saran Ali.

Masih Ali sapaan akrabnya, meyakini bahwa KPU Mamuju dapat melaksanakan tugas dan pungsinya menjaga kredibilitas lembaga secara baik, transparan, selektif, profesional yang nantinya menghasilkan Pilkada yang berkualitas dan bermatabat. (San/Wan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *